Senin, 18 November 2013

Civitas Akademika Fakultas Hukum Universitas Riau ternyata sudah punya banyak sekali prestasi yang telah diraih. Baik dibidang akademik maupun non akademik, salah satu unsure terpenting didalam suatu universitas atau perguruan tinggi adalah mahasiswa. Mahasiswa yang selalu diharapkan menjadi Agent Of Change di suatu universitas, ternyata juga telah banyak bertindak. Salah satu  yang telah diraih. Baik dibidang akademik maupun non akademik. Salah satu unsure terpenting didalam suatu universitas atau perguruan tinggi adalah mahasiswa. Mahasiswa yang selalu diharapkan menjadi Agent Of Change di suatu universitas, ternyata juga telah banyak bertindak. Salah satu pencapaian terbaik dari mahasiswa juga dapat kita lihat dari kiprah para mahasiswa tersebut. Berbicara tentang pencapaian, ada banyak sekali pencapaian dari mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Riau. Salah satunya adalah terpilihnya para mahasiswa-mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Riau sebagai Dewan Nasional dan Ketua Umum Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) pada Kongres Luar Biasa ISMAHI pada tanggal 13-17 Juli 2011 di Universitas Sriwijaya, Palembang.
Meily Ferawati Panjaitan (mahasiswi FH angkatan 2009/ Bendahara Umum BEM FH 2011) terpilih dan diamanahkan sebagai Dewan Nasional Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) periode 2011-2013. Dijajaran Dewan Nasional ini terdiri dari 7 orang pengurus yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia, salah satunya adalah mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Riau yaitu Meily.
Selain Meily yang berada di Dewan Nasional, terpilih jugalah Hervana Wahyu Prihatmaka (mahasiswa FH angkatan 2009/ Wakil Gubernur BEM FH 2011) sebagai Ketua Umum Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) periode 2011-2013. Dan dijajaran DPP juga ada Irhamni
(mahasiswa FH angkatan 2009/ Gubernur FH 2012) yang diamanahkan sebagai Sekretaris Bidang 2 ISMAHI periode 2011-2013 berdasarkan hasil Rapat Kerja Nasional ISMAHI yang diadakan di Jakarta. Agenda ISMAHI di Jakarta ini sepenuhnya atas partisipasi Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).
Ini merupakan prestasi yang cukup gemilang dan membanggakan bagi Universitas Riau dan pada khususnya bagi Fakultas Hukum  Universitas Riau sebab berdasarkan sejarah keberadaan Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI), belum pernah ada mahasiswa yang berasal dari Sumatra yang pernah menjadi Ketua Umum di ISMAHI. Jadi, suatu kebanggaan jugalah bagi kita sebab kita telah membuat sejarah baru di kancah nasional bahwa Sumatera dan khususnya mahasiswa FH UR dipercayakan sebagai pengurus inti dari organisasi yang sangat besar  dikancah nasional ini. Saat diadakannya agenda temu alumni di Jakarta, Syamsul Maarif,SH.,MH.,Ph.D – Hakim Agung RI yang juga merupakan alumni dan merupakan salah satu pendiri ISMAHI tahun 1982, menyatakan bahwa suatu kehormatan dan kebanggaan bagi UNRI telah dipercayakan sebagai pengurus pusat dari ISMAHI. Beliau juga menyatakan turut senang mendengar progress dari rekan-rekan mahasiswa hukum saat ini khususnya mahasiswa-mahasiswi yang berasal dari Universitas Riau atas eksistensi, prestasi dan proaktifnya dalam menjalankan amanah di ISMAHI ini.Prof. Hikmahanto Juwana (Mantan Dekan Fakultas Hukum Universitas Indonesia – Pakar Hukum Internasional) yang juga merupakan alumni dari ISMAHI, pada saat diadakan kuliah umum Hukum Internasional di FH UR, menyampaikan kebahagiaan dan kebanggaannya kepada mahasiswa-mahasiswi FH UR atas kesuksesannya di ISMAHI. “ wah, saya senang sekali mendengarnya, banyak sekali alumni ISMAHI yang ada dan sepengetahuan saya para alumni ISMAHI ini sudah banyak yang jadi orang sukses dan para ahli hukum ternama juga di Indonesia”, ujar Prof.Hikmahanto ketika berbincang-bincang dengan Meily mahasiswi FH UR yang menjabat selaku Dewan Nasional.
Ketika diwawancarai, Meily berkata bahwa, “ kami saat ini juga sedang dalam proses mempersiapkan Kongres ISMAHI di Riau, rencananya Kongres ini akan dilaksanakan  bersama-sama dengan UIR, UNILAK dan UIN SUSKA, sebab ketiga universitas ini juga turut berjuang dengan kita UR dari awal di ISMAHI, mohon doanya agar agenda nasional ini dapat direalisasikan dengan baik dan bermanfaat bagi perkembangan UR kedepan”. Ini adalah salah satu bukti pencapaian mahasiswa yang sangat membanggakan bagi Universitas Riau. Semoga kedepannya ada lebih banyak lagi Mahasiswa UR yang bisa berkarya dan berkiprah di kancah Regional, Nasional  maupun Internasional, Go a Head for Our Rechtstaat, semboyan ISMAHI. J.


Dari kiri ke kanan Irhamni – Sekretaris Bidang 2 ISMAHI 2011-2013 (Gubma BEM FH UR 2012), Meily Ferawati Panjaitan – Dewan Nasional ISMAHI 2011-2013 (Bendum BEM FH UR 2011), dan Hervana Wahyu Prihatmaka – Ketua Umum ISMAHI 2011-2013 (Wagub BEM FH UR 2011)

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!